Senin, 06 Agustus 2012

GUNUNG NOKILALAKI

Gunung Nokilalaki : Gunung ini terletak di desa Lemba Tongoa kecamatan Palolo. Gunung Nokilalaki memiliki ketinggian 2355 Mdpl dan memiliki 3 pos peristrahatan (selter) untuk para Pecinta Alam(PA) yang ingin melakukan pendakian gunung. jarak tempuh dari kaki gunung menuju selter 1 yaitu 1,5 KM,Selter 1 menuju selter 2 menempuh jarak 2,8 KM,selter 2 menujuh selter 3 menempuh jarak 2 KM dan selter 3 menujuh puncak menempuh jarak 1,2 KM. Untuk medannya lumayanlah, itung-itung melatih tubuh untuk jalan menggunakan kaki dan tangan. Kegiatan yang selalu di lakukan di gunung Nokilalaki yaitu Hari Kemerdekaan NKRI pada tanggal 17 Agustus 1945, dengan jenis kegiatan upacara penaikan bendera di puncak gunung oleh para anak Pecinta Alam (PA) se Indonesia.


Gunung Nokilalaki mempunyai ketinggian 2.355 Mdlp, berada di kec. Palolo, Desa Tongoa, Kab. Donggala, yang berjarak lebih kurang 62 Km dari kota Palu. Flora yang terkenal yaitu Ekualiptus dan Rotan, sedangkan faunanya Anoa, Kupu-kupu, Monyet dan berbagai jenis burung.

Pencapain ke Gunung Nokilalaki :

Dari Terminal Panaikang naek bis menuju Palu
Dari terminal Masomba (Palu) naek mobil ke daerah Palolo, turun di kaki gunung trus lanjut pendakian menuju puncak.

Keadaan jalur tiap pos :

J alur menuju pos 1 melalui hutan rapat dgn jln yg cukup licin karna lumut, sepanjang jln jg terdengar aliran air yg mengalir, perjalanan ke pos 1 memakan waktu sekitar 1 jam. Perjalanan ke pos 2 di lalui dengan menelusuri sungai kecil sampai sekitar 1500 meter, dari sini mulai menjauhi sungai dengan menerobos hutan berjalan melalui sela2 pohon dan rotan, kemudian tiba di pos 2 dalam waktu 4-5 jam. Di pos 2 terdapat basecamp.
Dari pos 2 ke pos 3 memakan waktu 1 jam (Salter). Dari Pos 3 menuju puncak akan dijumpai sebuah danau yg bernama Danau Lindu dan sebelah kiri terdapat sebuah bukit. Selama kurang lebih 3-4 jam perjalanan akan kita gapai puncak Gunung Nokilalaki.
Waktu yang di habiskan dari Puncak ke kaki gunung sekitar 6 jam, dari kaki gunung berjalan kembali ke jln raya tempat untuk menunggu angkot kembali ke Palu. Seasaat inging mendaki dan setelah melakukan pendakian harus melapor pada pos penjaga kehutanan yg berada di kaki gunung.
Perjalanan dari kaki gunung langsung ke palu di tempuh sekitar 2 jam.


NB : Keadaan jalurnya tidak begitu jelas, trus adalagi dlm LPJ di lampirkan surat rekomdasi (mungkin perlu) dari Direktorat SosPol Pemerintah prod, DT I Sulsel dan Palu , surat keterangan jln dari Polda, rekomendasi dari Dep, Kehutanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar