Selasa, 21 Agustus 2012

PARIWISATA KABUPATEN TOJO UNA-UNA


Adat istiadat Kabupaten Tojo Una‐Una masih memiliki struktur adat istiadat yang kuat dan tumbuh berkembang ditengah‐tengah masyarakat, namun adat istiadat tersebut sudah mulai longgar, seiring dengan semakin dinamisnya interaksi sosial antar masyarakat Kabupaten Tojo Una‐Una. Adat istiadat dan
budaya masyarakat masih berjalan berkelanjutan menurut peran dan fungsi sebagai manifestasi dari nilai‐nilai tradisi yang melekat dan terus dipertahankan, sekaligus memberikan corak tradisi suatu entitas yang pada akhirnya akan melahirkan rasa kebanggaan terhadap daerah.

Disamping itu, tidak dapat disangkal dengan semakin terbukanya akses masyarakat pendatang di Kabupaten Tojo Una‐Una hal ini terlihat dari suasana kehidupan masyarakat yang hidup rukun antar penduduk asli dengan penduduk pendatang, sehingga kehidupan masyarakat semakin dinamis dan sangat heterogen. Masyarakat Kabupaten Tojo Una‐Una bersifat terbuka, bersahabat dan tidak ekslusif karenanya dapat menerima dan terbuka serta memiliki tenggang rasa yang tinggi terhadap masyarakat pendatang lainnya. Kondisi masyarakat seperti ini juga merupakan modal utama untuk pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tojo Una‐Una. Kabupaten Tojo Una‐Una juga memiliki segudang keunikan budaya yang berasal dari adat istiadat masyarakat lokal. Namun sampai dengan saat ini belum banyak di kenal oleh publik secara luas, sehingga perlu mendapat perhatian pemerintah dan seluruh pemerhati budaya dalam melakukan promosi budaya Tojo Una‐Una. Mengacu pada fenomena diatas, pemerintah Kabupaten Tojo Una‐Una terus berusaha mengangkat kepermukaan dan memperkenalkan kepada masyarakat luas dengan di agendakannya setiap tahun festival bahari Kepulauan Togean sebagai ajang promosi potensi seni budaya dan pariwisata. Beberapa kebudayaan dan adat istiadat masyarakat Kabupaten Tojo Una‐Una yang menarik dan memiliki keunikan tersendiri seperti upacara adat, musik dan kesenian tradisional serta sistim penangkapan ikan secara tradisional yang memiliki daya tarik untuk atraksi wisata.
Potensi Pariwisata

Wilayah Kabupaten Tojo Una‐Una yang terdiri dari daratan dan gugusan pulau‐pulau kecil nan eksotik menyimpan potensi wisata yang luar biasa indah khususnya wisata bahari. Hal ini dibuktikan dengan pencanangan Kabupaten Tojo Una‐Una sebagai salah satu daerah tujuan wisata melalui jalur wisata ”Makasar, Toraja, Tojo Una‐ Una” yang disingkat dengan MATOTO. Dinas pariwisata Kabupaten Tojo Una‐Una mencatat sebanyak 40 objek wisata yang tersebar di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Tojo Una‐Una hingga tahun 2007. dari total objek wisata tersebut, 24 objek wisata merupakan objek wisata pantai, 7 objek wisata pegunungan, 1 objek wisata hutan dan 8 objek wisata budaya.

Pesona alam dan keindahan bawah laut perairan Kabupaten Tojo Una‐Una tidak hanya menarik simpati wisatawan domestik namun juga wisatawan asing. Tercatat hingga tahun 2007 sebanyak 228 wisatawan mancanegara yang telah berkunjung. Penyediaan sarana dan prasarana penunjang pariwisata yang
memadai merupakan salah satu titik berat dalam pengembangan sektor pariwisata. Salah satu sarana penunjang adalah sarana akomodasi. Hingga tahun 2007 jumlah sarana akomodasi wisata yang terdapat di Kabupaten Tojo Una‐Una sebanyak 26 unit akomodasi yang terdiri dari 4 hotel, 3 penginapan, 7 losmen dan 12 cottages.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar