Rabu, 22 Agustus 2012

TANJUNG API


Jika Anda berada di Ampana, sempatkanlah untuk singgah ke Tanjung Api.Tanjung Api sendiri adalah sebuah cagar alam yang berada di kabupaten Tojo Una-una. Lokasi ini berada sekitar 13 Km dari pelabuhan Ampana. Untuk mencapai tempat ini, kita dapat menyewa katinting (perahu kayu bermesin) seharga Rp350.00 dapat digunakan oleh 10 orang.

Selain cagar alam yang menyimpan kekayaan flora dan fauna, tanjung api juga banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun asing karena di tempat ini terdapat sebuah sumber api yang menyala secara alami dari perut bumi. Api berpijar secara alami dari tanah, setiap kali kita mengeruk pasir maka sengan sendirinya api keluar dari kerukan tanah tersebut. Jika dilihat dari fenomena alam ini, kemungkinan di daerah ini masih tesimpan Liquid Natural gas (LNG) atau gas pijal alam dalam jumlah yang besar namun kekayaan didalamnya tidak bisa dieksploitasi mengingat tempat ini sudah diresmikan menjadi cagar alam pada Februari 1977.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Tanjung Api ini adalah ketika sore menjelang malam, karena selain api akan terlihat lebih jelas, kitapun dapat menikmati matahari terbenam dengan indah selama perjalanan. Sungguh kekuasaan Tuhan luar biasa karena walaupun api terus menyala dari tempat ini namun hutan di sekelilingnya tidak ikut terbakar. Ekosistem di tempat ini juga sangat terjaga,flora dan fauna endemik sulawesi hidup disini dan terumbu-terumbu karang yang menjadi rumah bagi jutaan hewan laut masih memancarkan pesonanya untuk dikunjungi

http://travel.detik.com/read/2010/12/09/083837/1512609/1025/menyaksikan-fenomena-alam-di-tanjung-api

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar