Rabu, 22 Agustus 2012

Berkunjung ke Kampung Bajo


Togean, kabupaten Tojo Una-una Sulawesi Tengah. Pulau Papan merupakan pulau kecil yang berada di tengah laut yang dikelilingi oleh pemukiman kayu khas suku bajo.

Sudah tidak asing lagi jika suku bajo dan laut merupakan dua komponen yang tidak dapat dipisahkan. Laut merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat bajo di pulau papan ini. Suku bajo merupakan petualang laut,dahulu mereka hidup dengan berpindah-pindah namun sekarang sudah banyak suku bajo yang hidup menetap di pesisir-pesisir laut. Suku bajo sendiri tersebar di timur perairan Indonesia diantaranya di flores, pulau moyo, perairan banda, laut sulawesi,dan teluk tomini. Pulau Papan bukanlah suatu pulau yang besar, luas pulau ini tidak lebih 1 km persegi. Pulau ini hanya dijadikan tempat untuk mendirikan sarana ibadah dan sanitasi saja sedangkan rumah-rumah tinggal dibuat mengelilingi pulau ini dengan tetap berpatok pada dasar laut.

Rumah orang bajo terlihat sangat sederhana hanya terdiri dari papan sebagai dinding dan batang pohon jenis bakau yang tahan air sebagai penyangganya. Walaupun terlihat sederhana namun suku bajo di pulau papan ini tidak anti terhadap teknologi dan informasi.Beberapa rumah terlihat memasang parabola untuk memperjelas saluran televisi, sedangkan yang lainnya cukup dengan mendengarkan radio saja untuk mendapatkan informasi tentang keadaan yang sedang terjadi di luar sana.

Semua pria di kampung bajo ini berprofesi sebagai nelayan sedangkan para wanita bekerja di rumah atau membantu mencari ikan di sekitar rumah. walaupun penghasilan masyarakat bajo ini terbilang hanya cukup untuk sehari-hari namun mereka tidak pernah mengeluh, mereka selalu berbahagia di tengah kesederhanaan. Pak ahyar merupakan salah warga kampung bajo pulau papan, sehari-hari beliau hanya berburu ikan di kepulauan togean teluk tomini. Penghasilan beliau hanya cukup untuk membiayai makan sehari-hari namun beliau tidak berniat untuk beralih profesi karena bagi beliau laut merupakan sumber hidupnya dan laut tidak dapat dipisahkan dari kehidupannya.

Eratnya hubungan masyrakat bajo dan laut dapat dilihat dari lingkungan laut yang berada disekitar perkampungan ini. Masyarakat bajo sangat menjaga kelestarian laut karena laut merupakan sumber penghidupan mereka sehingga masyarakat bajo ini sangat menjaga ekosistem perairan di sekitar pulau papan ini. Senang sekali rasanya kami dalapat merasakan kesederhanaan masyarakat bajo pulau papan ini. sebelum pulang, kami diberi cinderamata berupa bia (cangkang kerang yang dapat ditiup) oleh salah satu warga yang ada di kampung bajo pulau papan ini.

http://travel.detik.com/read/2010/12/09/083711/1512580/1025/berkunjung-ke-kampung-bajo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar