Rabu, 22 Agustus 2012

Kesegaran di Air Terjun Salodik


Ketika singgah di Kota Luwuk, jangan lewatkan untuk menikmati keindahan air tejun Salodik di desa Salodik kecamatan luwuk Kabupaten Banggai. Letak air terjun ini berada tepat di sisi jalan yang menghubungkan kecamatan luwuk dan kecamatan pagimana. untuk menuju air terjun ini diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota luwuk melewati jalan yang berkelok tajam namun hijaunya hutan tropis di sepanjang jalan tentunya akan tetap segar.

Kesan pertama saat memasuki tempat wisata ini adalah kurang terawat, bisa dilihat dari gerbang masuk dan gazebo-gazebo yang tersedia dibiarkan seadanya. namun, keindahan air terjun ini tidak bisa ditutupi. air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, namun jatuh mengalir bertumpuk tumpuk tidak ada habisnya di sungai Salodik. Tempat ini cocok bagi siapapun yang menginginkan kesegaran dan ketenangan. Letaknya yang berada di kaki gunung membuat tempat ini jauh dari keramaian, dan juga hutan tropis disekelilingnya membuat suasana menjadi segar. Hutan tropis yang masih lebat dan ekosistem yang masih terjaga membuat sungai ini tak pernah kering walaupun di musim kemarau. Tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk menikmati kesegaran air tejun salodik ini, cukup dengan membayar 1000 rupian kita sudah dapat menikmati keindahan dan jenihnya air di Salodik ini.

Air terjun Salodik merupakan potensi wisata yang sangat besar di kabupaten banggai, hanya sayang sektor pariwisata di Kabupaten Banggai ini belum mendapatkan porsi yang seharusnya, sehingga potensi wisata di Kabupaten Banggai belum dapat dioptimalkan. Jika dikelola dengan baik maka air terjun ini bukan saja akan terkenal di Sulawesi Tengah namun juga terkenal di seluruh Indonesia.

http://travel.detik.com/read/2010/12/09/083849/1512611/1025/berburu-kesegaran-di-air-terjun-salodik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar