Rabu, 22 Agustus 2012

Menikmati Gemercik Air di Saluopa


Setelah mengunjungi danau poso, ada baiknya jika singgah terlebih dahulu ke obyek wisata Air terjun Saluopa. Butuh waktu sekitar satu jam untuk untuk mencapai lokasi ini dari pusat kota Tentena. Dari Kota Tentena sebaiknya menyewa angkot menuju tempat ini karena untuk mencapai tempat ini kita harus menggunakan angkutan ke lembah bada yang frekuensinya tak tentu tiap harinya.

Air terjun Saluopa merupakan air terjun yang mempunyai 12 tingkatan atau undakan. Letaknya sangat cantik, air mengalir dengan deras dari undakan paling atas sampai undakan paling bawah. Undakan-undakan ini terbentuk akibat proses pengikisan air terhadap batu yang melintang, proses ini mirip dengan proses pembentukan stalaknit dan stalaktit pada gua-gua yang ada di Indonesia. Batu yang tekikis tersebut merupakan jenis batu kapur. Walaupun batuan-batuan ini terkena air dan sedikit terkena sinar matahari, namun tekstur batuan tersebut tidak menjadi licin berlumut bahkan tekstur batuan-batuan tersebut cenderung kasar seehingga kita dapat berpijak pada batuan-batuan tersebut untuk menaiki undakan-undakan pada air terjun Saluopa ini dari mulai undakan terbawah sampai dengan undakan teratas. Air terjun ini berada di areal hutan tropis dengan pohon-pohon besar memayungi tempat ini dari teriknya sinar matahari. Rapatnya hutan ini membuat udara di areal air terjun ini sangat segar dan membuat pikiran menjadi benar-benar rileks.

Tidak mudah memang untuk mencapai air terjun yang indah ini, kita perlu melewati jalan yang masih berbatu dan berdebu. Sepanjang jalan kita akan melewati perkebunan cokelat dan beberapa kampung bali yang ada di kota Tentena. Namun perjuangan melewati jalan berbatu menuju lokasi akan terbayar lunas ketika melihat cantiknya air terjun ini. Kita cukup mengeluarkan uang Rp.1000 saja untuk menikmati keindahan air terjun Saluopa ini.

http://travel.detik.com/read/2010/12/08/203230/1512261/1025/menikmati-gemercik-air-di-saluopa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar