Selasa, 04 September 2012

Hutan (Sulawesi Tengah) Sebagai Sumber Air


Kita pasti setuju bahwa air sebagai sumber kehidupan, jika pengertian dalam bahasa sederhananya manusia membutuhkan air. Kalau ada orang yang tidak setuju bahwa air bukan sebagai sumber kehidupan, sulit dibayangkan manusia semacam apa dia ini. Apakah dia adalah manusia yang sangat modern dan memiliki teknologi yg sangat canggih sehingga tidak butuh air?. Atau, dia adalah manusia yang sakti mandraguna sehingga manusia ini tidak lagi butuh air?. Karena susah untuk membayangkannya, saya sampai pada keyakinan bahwa di dunia ini tidak ada manusia semacam ini.


Manusia membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup, beberapa ahli menyatakan bahwa secara fisik manusia bisa bertahan hidup tanpa air alias menahan rasa dahaganya paling lama 3 – 4 hari. Jadi, tidak ada manusia yang tidak butuh air. Dalam kehidupan sehari-hari, kita membutuhkan air tidak sekedar untuk menghilangkan rasa haus semata, tetapi juga untuk kebutuhan-kebutuhan lain dalam aktifitas rumah tangga, seperti masak, cuci, mandi, dll.

Pada banyak tempat, kebutuhan air untuk rumah tangga ini mungkin dapat terpenuhi dengan lancar. Namun pada tempat lainnya, air yang seharusnya selalu tersedia untuk kebutuhan rumah tangga, pada kenyataannya tidak selalu lancar. Ketidaklancaran air ini juga menyebabkan hampir setiap saat, kami bersama dengan para tetangga di komplek perumahan selalu mengeluhkan layanan air yang tidak selalu lancar ini. Kondisi air selalu byarpet sama kayak lampu listrik. Kondisi ini, memaksa para penghuni komplek perumahan untuk selalu menghemat air. Tidak jarang kondisi yang bagi kami darurat ini, memaksa kami untuk tidak mandi. Jadi maklum, kalau seandainya parfum cepet habis. Hal ini dilakukan untuk menyamar biar bau keringat gak kecium, jadi nyemprot parfumnya banyak-banyak. Tapi jangan khawatir, saat pengunjung membaca tulisan ini dijamin tidak akan bau, karena saat mengetik tulisan ini saya sudah mandi kok. Kebetulan, di rumah saya ada alternatif sumber air, selain air pam.

Jika air untuk kebutuhan rumah tangga yang ada di perkotaan saja ada masalah, gimana dengan yang jauh di pedesaan yah?. Padahal hampir seluruh aktifitas orang desa dalam usaha pertaniannya, seperti menanam; beternak; dan memelihara ikan seluruhnya membutuhkan air. Mudah-mudahan saja kondisinya tidak seperti di tempat kami.

Harapan ini penting, karena jika air di desa melimpah, petani dapat menanam padi dengan hasil yang baik, petani dapat memberi minum ternaknya agar menjadi gemuk, dan petani juga dapat memelihara kolamnya sehingga ikan dapat berkembang biak. Jika demikian, hasil-hasil pertanian ini akan dapat meningkatkan kesejahteraan petani, dan dapat memenuhi kebutuhan pangan secara luas.

Kita berharap agar suplai air dapat selalu memenuhi kebutuhan hidup kita, namun air tidak selamanya langgeng ada di sekeliling kita bila kita tidak menjaganya. Untuk itu dibutuhkan kepedulian terhadap sumber-sumber air, dengan menjaga keberadaan hutan.

Sudah banyak dikatakan bahwa hutan berperan sebagai pengatur tata air. Hal ini dikarenakan hutan memiliki kemampuan besar dalam menyerap dan menyimpan air hujan. Jika tidak ada hutan, air hujan akan langsung dialirkan di atas permukaan tanah. Sebaliknya jika ada hutan, air hujan akan terperangkap oleh serasah yang banyak terdapat di permukaan tanah hutan, kemudian terserap oleh pori-pori tanah. Air yang terserap menjadi cadangan air tanah yang akan dialirkan sedikit-sedikit melalui mata air dan mengalir sebagai sungai. Dengan demikian sungai dan sumber air lainnya tidak akan kering walau di musim kemarau.

Kehilangan hutan berarti merusak dan mengurangi sumber-sumber air di dalam tanah. Jika hutan rusak, hujan lebat akan menggerus lapisan tanah yang subur, bahkan menyebabkan banjir dan longsor.

2 komentar:

  1. Kunjungan sobat, artikel ini akan menjadi lebih bagus kalo sumbernya aslinya disebutkan ...

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus