Sabtu, 01 September 2012

GUNUNG COLO


Una Una (juga dikenal sebagai Colo) adalah gunung berapi yang terisolasi di Teluk Tomni, Sulawesi Tengah lepas pantai. Ini adalah situs belerang ekstraksi.

Una Una gunung adalah gunung luas, rendah berapi mengandung 2-km-lebar kaldera dengan kerucut tengah yang kecil. Hanya 3 letusan yang dikenal dalam waktu bersejarah, tetapi 2 dari mereka menyebabkan kerusakan lebih banyak pulau. Letusan terakhir Una Una ini pada tahun 1983 dan diproduksi aliran piroklastik yang menyapu seluruh pulau tak lama setelah semua penduduk telah dievakuasi.

Dalam bahasa daerah suku Bugis, Colo berarti korek api. Menurut pengamatan, keberadaan Gunung Colo yang memiliki ketinggian 238 mdpl, agak menyimpang dari rangkaian jalur Gunung Api di Indonesia. Pada awal 1900 terjadi letusan dan meninggalkan sumbet lava yang kemudian di kenal sebagai Gunung Colo.

Pada 23 Juli 1983, setelah berdiam selama 83 tahun, Gunung Colo Meletus. Letusan dahsyat itu menghancurkan sumbat lava. Awan panas membumihanguskan 2/3 Pulau Una-una. Abu setebal 1 cm menghujani kota Palu yang berjarak 180 km sebelah barat daya. Abu juga menyebar hingga 300 km ke selatan menerpa Sulawesi Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar