Minggu, 02 September 2012

ALAM SULTENG

Propinsi sulawesi tengah adalah suatu propinsi yang telah maju, karena daerah ini sebenarnya terdapt banyak sumberdaya alam yang telah banyak mengikuti kegiatan ekspor keluar daerahnya, karena disamping masih dapat bergaul dengan alam, penduduknya rata-rata mempunyai pribadi yang elok. Seperti nilai-nilai kekeluargaanya sangat erat antar penduduknya. karena lokasinya yang strategis, yaitu diantara propinsi sulawesi selatan dan sulawesi utara serta laut sulawesi dan laut maluku. dan di sana masih juga terdapat kepulauan seperti kepulauan Togian dan kepulauan Banggai yang termasuk propinsi ini juga.

Disana juga terdapat banyak pegunungan, dan hampir seluruh daerahnya itu seperti hutan belantara. yaitu pegunungan Fenne, pegunungan Balingara, pegunungan Verbeek, pegunungan Pompanged, pegunungan Batui dan pegunungan Peleng. pegunungan Banyak juga terdapat sungai-sungai dan gunung-gunung, seperti :

Gunung : - Gunung Dako yang letaknya dekat dengan kabupaten Tolitoli - Gunung Malino yang letaknya dekat dengan Abaling - Gunung Tinombala yang letaknya dekat dengan Ogantemuku - Gunung Agoamas yang letaknya dekat dengan Tinabogan - Gunung Nokilalaki yang letaknya dekat dengan Lengko - Gunung Lompopana yang letaknya dekat dengan Gimpu - Gunung Tirolawe yang letaknya dekat dengan Sabulu - Gunung Intu yang letaknya dekat dengan Taipa - Gunung Tilu yang letaknya dekat dengan Watutau - Gunung Tanamatua yang letaknya dekat dengan Towi - Gunung Tambusisi yang letaknya dekat dengan Watambayo - Gunung Lumut yang letaknya dekat dengan Kayuko - Gunung BuluTumpu yang letaknya dekat dengan Kintom - Gunung Tumputiga yang letaknya dekat dengan Maliku - Gunung Balantak yang letaknya dekat dengan Balantak Sungai : -

Sungai Palu mengalir dari propinsi sulawesi selatan ke teluk palu - Sungai Tambarana mengalir dari propinsi sulawesi selatan ke laut maluku - Sungai Puna mengalir dari gunung Tilu sampai ke Laut maluku - Sungai Poso mengalir dari teluk Poso sampai ke Danau Poso - Sungai La mengalir dari Sulawesi selatan ke teluk towori - Sungai Bangka mengalir dari pegunungan Pompanged ke laut maluku - Sungai Salato mengallir dan membelah dari kota terdekat Tiwori sampai ke teluk poso - Sungai Labu mengalir dan membelah dari kota terdekat Batul sampai ke Toima

Rempah-rempah terdapat banyak disini dan rata-rata banyak para pengusaha asing yang membuka sistem perekonomian disini, hal itu dikarenakan sumber penghasilan dan sumberdaya yang tersimpan di bumi sulawesi amatlah tergantung dengan teknologi yang digalakkan pemerintah dalam bidang produksi suatu barang mentah, maupun barang jadi. kebanyakan para pekerja dalam negri ini adalah bercocok tanam serta nelayan. contoh perusahaan yang terbesar dalam pendukungan perekonomian adalah perusahaan rokok, perusahaan yang mengupayakan cocoktanam, dan lain-lain. Dan sekarang terdapat banyak sistem transportasi yang mendukung, bahkan sekarang terdapat banyak tempat-tempat rekreasi karena banyak tempat yang menarika yang dikunjungi. Jika anda tertarik, klik-lah hyperlink yang berada dibawah ini untuk mengerti kemenarikan propinsi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar