Senin, 20 Agustus 2012

Makam Raja Mandapar


Makam Raja Mandapar merupakan salah satu obyek wisata sejarah di Kota Banggai, Sulawesi Tengah. Raja Mandapar dikenal sebagai Raja Banggai pertama yang dilantik pada tahun 1600 M oleh Sultan Said Berkad Syam dari Kerajaan Ternate dengan gelar Mumbu Doi Godong. Raja Mandapar adalah putra dari pasangan panglima perang Kesultanan Ternate, Adi Cokro, dan seorang putri Portugis. Ayahnya merupakan tokoh yang berjasa menyatukan wilayah Kepulauan Banggai dan Banggai Daratan.

Raja Mandapar wafat dan dimakamkan pada tahun 1625 atau setelah 25 tahun berkuasa. Makamnya tergolong sederhana, yaitu hanya terbuat dari timbunan batu-batuan dengan bangunan rumah pelindung di atasnya. Meski demikian, makam ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara (wisman), karena Raja Mandapar adalah seorang raja yang sangat terkenal.
B. Keistimewaan

Letak makam Raja Mandapar cukup strategis, yaitu berada di dataran tinggi. Dari makam, para pengunjung dapat menyaksikan keindahan alam Teluk Banggai yang sangat mempesona. Dari tempat yang sama, pengunjung juga dapat melihat para nelayan hilir mudik mencari ikan menggunakan perahu tradisional. Rumah-rumah suku Bajao yang berjejer di atas laut juga menjadi pemandangan yang menarik.

Tidak jauh dari makam terdapat pasar tradisional Banggai. Di sana, para wisatawan dapat membeli oleh-oleh khas Banggai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar