Selasa, 09 Oktober 2012

Desa Kantewu


Desa Kantewu II adalah sebuah Desa yang terletak dipegunungan dan berada di Kec. Pipikoro Kab. Sigi Prov. Sulawesi Tengah. Pada awalnya Kantewu II bernama Lida, yang astinya dalam bahasa Uma "sawah" karena pada awalnya adalah kawasan persawahan dari Desa Kantewu dan pada tahun 2007 dimekarkan menjadi 2 desa. Desa Kantewu II sampai saat ini sama halnya dengan desa-desa lain di Kec. Pipikoro belum dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat tapi ditengan keterbatasan mereka, masyarakat desa Kantewu II mampu membuat 11 unit PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohydro) sederhana secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok sehinggs pada malam hari bagaikan kota ditengah belantara.

kunjungan ke Lembah Pipikoro cukup menantang. Lembah yang memiliki panorama indah ini sekaligus sebagai pembatas antara wilayah Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

Perjalanan ke lembah Pipikoro sangat menantang. Wisatawan dapat melakukan trecking dari Gimpu-Tubo-Mapahi-Peana-Towulu atau bisa juga menyusuri sungai Towiora untuk meneruskan perjalanan ke Dinggala.

Di Desa Mapahi, pengunjung dapat menyaksikan pembuatan kain dari kulit kayu dan di Desa Kantewu dan Tuwulu dapat disaksikan pembuatan senjata tradisional seperti sumpit. Wisatawan yang datang ke daerah ini bisa menginap di rumah penduduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar