Sabtu, 15 Desember 2012

Dabu-Dabu Peling, Sulawesi Tengah


(Berita Daerah - Sulawesi) Berbicara sambal pastilah kita membayangkan nikmatnya makanan bila disertai dengan sambal dan sangat menjadi kesukaan. Bahkan bila tidak makan dengan sambal, rasanya kurang lengkap. Sambal menjadi salah satu bagian saat kita hendak menyantap makanan, seperti pada saat kita makan nasi dengan ikan bakar atau ayam goreng dengan pelengkapnya ialah lalapan.

Sulawesi Tengah tepatnya di Desa Sosom, Pulau Peling, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah disinilah saya merasakan betapa nikmatnya dabu - dabu asal pulau peling ini.
Dabu - dabu merupakan suatu menu yang favorit yang harus ada jika masyarakat Pulau Peling bahkan Pulau Sulawesi hendak makan dan ini menjadi khas Pulau Sulawesi, berupa sambal mentah yang terdiri dari irisan cabai rawit, tomat muda, bawang merah, lalu diberi air jeruk nipis dan garam, biasanya ada beberapa yang menambahkan dengan minyak kelapa agar menciptakan rasa dan aroma tersendiri.

Sambal ini bagi saya adalah welcome food. Sehingga tidak hanya mata, kepala dan kamera, sekarang lidah saya juga menjadi saksi bahwa saya sedang berada disini. Asam, pedas menyegarkan, maknyus rasanya. Setelah mengunyah sambal ini selanjutnya menghadirkan memori tersendiri bagi saya tentang pulau ini, saya pernah mencoba membuatnya, tapi rasanya tidak selezat disantap di daerah asalnya. Jadi tidak sabar mau kembali kesana untuk merasakan nikmatnya dabu - dabu Pulau Peling, Sulawesi Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar